Loading...

Kunjungan BKPP Kabupaten Tabalong ke BKPSDM Kabupaten Tanah Laut dalam Rangka Peningkatan Kapasitas SDM untuk Pembangunan Zona Integritas

Kamis (20/5), Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Tabalong melakukan kunjungan ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Laut dalam rangka Benchmarking Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Acara pemaparan pembangunan Zona Integritas (ZI) bertempat di Aula Diklat Loka Bina Praja BKPSDM Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan disambut secara langsung oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Tanah Laut, H. Hairul Rijal, S.Sos, M.Si dan seluruh pejabat administrasi dan fungsional.

                         

 

Dalam suasana yang hangat Kepala BKPSDM Kabupaten Tanah Laut, H. Hairul Rijal, S.Sos, M.Si membuka pertemuan dan memberikan pemaparan strategi dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM, diantaranya melakukan perubahan pola pikir dan konsistensi dalam melakukan perubahan. Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Tahapan pembangunan Zona Integritas (ZI) terdiri dari 2 hal utama, yakni Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan Proses Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

BKPSDM Kabupaten Tanah Laut pada tahun 2020 telah mendapat penghargaan pembangunan Zona Integritas (ZI) sebagai Wilayah Bebas Korupsi oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hasil ini didapat oleh BKPSDM Kabupaten Tanah Laut karena dianggap telah melaksanakan seluruh area perubahan. Perubahan mendasarnya adalah dari pelayanan kepegawaian bersifat manual menjadi pelayanan kepegawaian otomatis, yaitu dengan melakukan pengembangan aplikasi kepegawaian dimana aplikasi tersebut dibangun oleh Sumber Daya Aparatur/Tenaga Ahli IT seluruh Kabupaten Tanah Laut dengan dasar pembentukan SK TIM Ahli IT dari seluruh SKPD.

 

Pembangunan Zona Integritas (ZI) bisa tercapai apabila adanya komitmen bersama Zona Integritas (ZI) baik secara pribadi dan kedinasan, pelayanan publik yang berinovasi, dan Sumber Daya Aparatur yang mempunyai kredibelitas. Kegiatan kunjungan dalam rangka  Benchmark Pembangunan Zona Integritas (ZI) ini berjalan dengan baik dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan tersebut diakhiri dengan ucapan terima kasih dan penyerahan cenderamata dari BKPP Kabupaten Tabalong kepada BKPSDM Kabupaten Tanah Laut.